BAHAYA MEROKOK BAGI PENIKMAT DAN LINGKUNGANNYA

BAHAYA ROKOK

A. LATAR BELAKANG
“Merokok dapat menyebabkan kanker,serangan jantung,impotensi dan gangguan kehamilan dan janin.” Kata-kata ini sering kita jumpai dalam kemasan rokok. Barang yang sangat disukai oleh kebanyakan kaum pria.
Walaupun mereka tau apa bahaya dari nerokok namun kebanyakan dari mereka tidak menghiraukannya. Mereka tak pernah jera untuk mengkonsumsi barang yang mengandung banyak racun yang sangat berbahaya untuk tubuh mereka. Tak hanya bebrbahaya untuk mereka saja melainkan juga untuk orang lain dilingkungan sekitar mereka.
Akan tetapi, mengapa banyak perokok yang tak menghiraukan at rokok begihal itu? Apa yang membutu spesial bagi mereka sehingga mereka tak bisa meninggalkannya?
Berikut kami uraikan tentang zat/bahan kimia yang terkandung dalam rokok dan apa pula bahaya merokok bagi penikmat dan lingkungannya.

B. TUJUAN
Tujuan mengapa kami menulis “Bahaya Merokok Bagi Penikmat Dan Lingkungannya” ini dikarenakan kami merasa prihatin karena sudah banyak anak muda yang terjerumus ke dalam bahaya racun rokok yang mulai mengerogoti tubuh mereka mulai dari pertama menghisapnya. Yang tanpa mereka sadari ternyata rokok yang mereka hisap tidak hanya merugikan diri merekaa sendiri, tapi juga merugikan orang lain.

C. PEMBAHASAN
Rokok mengandung zat/bahan yang berbahaya bagi tubuh manusia. Zat/bahan berbahaya yang terkandung didalam rokok tidak dapat terurai didalam tubuh manusia, sehingga menumpuk didalam tubuh dan menjadi racun yang berbahaya bagi tubuh manusia.
Adapun zat/ bahan yang berbahaya yang terkandung didalam rokok, antara lain:
a) Nikotin
Nikotin adalah zat utama yang terdapat dalam tembakau.
Ciri-ciri nikotin :
• Sangat beracun
• Mudah diserap lewat kulit
• Berwarna kuning agak pucat dan jika terkena cahaya berwarna coklat.
Nikotin berfungsi sebagai stimulan yang mempercepat kegiatan didalam otak.
b) Tar
Tar adalah penyebab utama kanker paru-paru bagi perokok, sehingga disebut bersifat karsinogenik. Tar juga mengakibatkan penyakit pada tenggorokan dan pernafasan.
c) Karbon Monoksida
Karbon monoksida adalah gas yang sangat beracun dan berbahaya. Gas ini dihasilkan dari pembakaran yang tidak sempurna, sehingga menyebabkan kadar karbon monoksida di dalam paru-paru lebih tinggi dibandingkan dengan menghirup udara tercemar.
Gas karbon monoksida merupakan gas yang tidak berwarna dan tidak berbau. Di dalam darh gas CO lebih kuat daya pengikatnya dibandingkan dengan oksigen, kurang lebih 200 kali kuatnya. Akibatnya Hemoglobin (Hb) dalam darah lebih mudah mengikat gas CO dari pada gas oksigen. Reaksi Hemoglobin dengan CO adalah:
Hb + CO HbCO.
Jika Hb menikat gas CO maka HbCO yang terbentuk bersifat sangat stabil dan sulit terurai, sehingga Hb tidak dapat melepaskan CO dari ikatannya. Jika demikian, hb tidak dapat menjalankan fungsinya sebagai sarana transportasi O2 dalam darah, bahkan darah akan teracuni oleh CO.
d) Zat/ bahan berbahaya lainnya
Sebenarnya didalam rokok ada lebih dari 4000 zat yang berbahaya selain yang disebutkan diatas diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Aseton adalah bahan utama penghapus cat dan cat kuku.
2. Metanol adalah bahan bakar roket.
3. Naftilamin adalah bahan penyebab kanker.
4. Pirene adalah penyebab kanker.
5. Dimentilnitrosamin adalah bahan penyebab kanker.
6. Naftalena adalah bahan kapur barus.
7. Kadmium adalah bahan yang dipakai pada aki mobil.
8. Benzopyrene adalah bahan penyebab kanker
9. Vinilklorida adalah bahan plastik PVC
10. Hidrogen Sianida adalah gas racun yang digunakan untuk melakukan hukuman mati di kamar gas.
11. Amonia adalah bahan pembersih lantai
12. Toluena adalah bahan pelarut industri
13. Arsenik adalah bahan racun tikus
14. Fenol untuk bahan plastik dan disinfektan atau pembunuh kuman
15. Butana adalah bahan bakar korek api
16. Polonium sebagai bahan radio aktif
17. Dll
Selain merugikan diri sendiri rokok juga dapat merugikan orang yang tidak merokok. Mereka yang tidak merokok, jika terus-menerus menghisap asap rokok dapat menderita penyakit seperti asma, kanker dan lain-lain.
Akibat yang ditimbulkan dari merokok, antara lain:
1) Pengaruh langsung setelah merokok yaitu peningkatan denyut jantung, berkeringat, nafas bau rokok, pusing, mual ingin muntah, dan pakaian bau asap rokok.
2) Pengaruh pada sistem pernafasan adalah bronkitis, kanker paru-paru, berdahak susah bernafas dan radang pernafasan.
3) Pengaruh pada sistem jantung dan pembuluh darah adalah tekanan darah tinggi, serangan jantung dan penyempitan pembuluh darah.
4) Pengaruh pada ibu hamil dan bayinya adalah keguguran pada janin, bayi yang dilahirkan berat badannya menurun dan pertumbuhan bayinya terhambat.
5) Pengaruh pada sistem pencernaan adalah usus dan lambung menjadi terluka.
6) Pengaruh pada sistem saraf adalah pembuluh darah menyempit dan stroke.
Penanggulangan pada pecandu rokok dapat dilakukan dengan memberikan penyuluhan tentang bahaya merokok sejak dini dan bagi para orang tua jaga pola pergaulan anak, arahkan ke hal-hal yang positif dan berikan kasih sayang yang lebih kepada anak.

D. KESIMPULAN
Dari data-data tersebut dapat kami simpulkan bahwa merokok dapat meracuni tubuh perokok dan juga orang yang menghirup asap rokok tersebut. Bahaya yang ada pada rokok juga sangat mematikan karena salah satunya dapat menyebabkan penyakit kanker.
Tapi merokok dapat ditangani yaitu dengan cara berikan penyuluhan-penyuluhan sejak dini tentang bahaya merokok, serta awasi pergaulannya, berikan hal-hal yang positif dengan begitu sedikit demi sedikit mereka dapat meninggalkan rokok.
Berikut kami sediakan kolom kritik dan saran untuk menampung aspirasi anda untuk melengkapi tulisan kami. Sehingga tulisan kami dapat bermanfaat bagi semuanya.
Kritik:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Saran:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

DAFTAR PUSTAKA
http://www.bahaya merokok.com
Mulyono.dkk.2008.IPA SAINS KELAS 2.Jakarta.Gramedia

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s